Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Desa Pomburea Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan TA 2023

Thursday 28 September 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T03:46:48Z

Sejumlah Petani ternak Ikan Air tawar dan Petani ternak Unggas mengikuti pelatihan di Aula Kantor Desa Pomburea, Jum'at (29/9/2023).

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Pemerintah Desa Pomburea, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, telah meluncurkan program ketahanan pangan desa untuk tahun anggaran 2023. 


Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan fokus pada pelatihan perikanan air tawar dan ternak unggas, yang bertempat di Aula Kantor Desa Pomburea, Jum'at (29/9/2023).


Menurut Kepala Desa Pomburea dalam keterangan tertulisnya kepada transjurnal.com bahwa upaya meningkatkan produksi perikanan air tawar, pemerintah desa telah menggelar pelatihan kepada petani lokal tentang teknik budi daya ikan air tawar yang efisien. 


"Petani diberikan pengetahuan tentang pemilihan bibit yang berkualitas, manajemen air, pakan yang sesuai, dan cara merawat ikan dengan baik. Selain itu, infrastruktur tambahan seperti kolam ikan telah dibangun untuk mendukung kegiatan perikanan ini," sebutnya.



Selain itu, kata Kades, dalam sektor ternak unggas, warga desa Pomburea juga mendapat pelatihan intensif tentang pemeliharaan ayam dan bebek. Mereka belajar tentang nutrisi yang tepat, manajemen kesehatan ternak, dan cara mengoptimalkan produksi telur dan daging. 


"Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan petani dan memberikan sumber protein yang lebih baik bagi masyarakat desa," harapnya.


Lebih lanjut Kades dua periode ini menyampaikan bahwa penggunaan dana desa untuk program ketahanan pangan ini mendapat dukungan luas dari warga desa dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah.


"Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan pada tingkat kesejahteraan dan ketahanan pangan desa Pomburea," tutupnya.


Penulis : Epin

×
Berita Terbaru Update