Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemda Koltim Gelar Bimtek Optimalisasi Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik

Saturday 27 January 2024 | January 27, 2024 WIB Last Updated 2024-01-27T10:47:27Z


KENDARI - TRANSJURNAL .com -
Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Optimalisasi Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik pada tanggal 26-27 Januari 2024. 


Acara ini berlangsung di Kendari dengan tema "Penguatan Penatausahaan Keuangan Melalui Penerapan Aplikasi SIPD-RI (microservices) dan Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah".


Bimtek ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, yang hadir mewakili Bupati Koltim. Dalam sambutannya, Sekda menegaskan komitmen Pemda Koltim dalam meningkatkan efektivitas tata kelola keuangan daerah. 


Sekda juga menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi, khususnya melalui Sistem Informasi Pengelolaan Daerah (SIPD), untuk mempercepat proses dan mengoptimalkan pengelolaan kas daerah secara elektronik. Hal ini bertujuan untuk memperkuat penatausahaan keuangan daerah.


"Kami berkomitmen untuk menerapkan teknologi yang dapat mendukung efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah. Dengan SIPD, kami berharap dapat mencapai akselerasi dalam optimalisasi pengelolaan kas daerah," ujar Sekda Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi.



Bimtek ini dihadiri oleh para pejabat daerah, kepala SKPD, serta staf pengelola keuangan di lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur. Selama dua hari, para peserta mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan SIPD-RI dengan pendekatan microservices dan implementasi penggunaan kartu kredit pemerintah. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam mengelola keuangan daerah secara lebih efisien dan transparan.


Penggunaan teknologi dalam pengelolaan keuangan daerah merupakan langkah penting dalam era digital saat ini. Dengan adanya sistem yang terintegrasi, diharapkan proses penatausahaan keuangan daerah dapat berjalan lebih lancar, akuntabel, dan sesuai dengan prinsip good governance.


Acara Bimtek ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi, dimana peserta dapat berbagi pengalaman serta mengatasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan sistem keuangan berbasis elektronik. Pemda Koltim berharap melalui kegiatan ini, pengelolaan keuangan daerah dapat lebih optimal, mendukung peningkatan pelayanan publik dan pembangunan daerah yang lebih baik.


Kegiatan Bimtek ini merupakan bagian dari upaya Pemda Koltim dalam memastikan bahwa seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan daerah berjalan sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku, sekaligus menjamin efektivitas dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran daerah. (Dsk)


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update