Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peluncuran Tahapan Pilkada di Kolaka Timur Dihadiri 10.000 Orang, Dimeriahkan Artis Ibu Kota

Friday 21 June 2024 | June 21, 2024 WIB Last Updated 2024-06-22T00:18:37Z

Peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah yang digelar KPU Kabupaten Kolaka Timur dihadiri 10.000 orang yang bertempat di lapangan sepakbola kecamatan Loea.

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kolaka Timur berhasil menarik perhatian sekitar 10.000 orang. Salah satu strategi utama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sosialisasi Pilkada 2024 adalah dengan menghadirkan artis ibu kota Jakarta, pada Kamis malam 20 Juni 2024.


Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kolaka Timur, Yanthi Pratiwi Irianto, menjelaskan bahwa kehadiran artis tersebut bukan hanya untuk menghibur, tetapi juga untuk memberikan informasi dan edukasi politik kepada masyarakat.


“Strategi ini kami lakukan agar masyarakat termotivasi untuk datang ke sosialisasi yang sangat penting dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Artis ibu kota menjadi daya tarik tersendiri,” ujar Tiwi dalam konferensi pers didampingi Ketua Divisi Hukum KPU Koltim, Murhum Halik, Jum'at 21/06/2024.


Pada acara tersebut, artis dan pembawa acara tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan penjelasan tentang cara memilih dan mencoblos yang benar pada Pilkada nanti. Selain itu, mereka juga menyampaikan syarat-syarat untuk menjadi pemilih dan pentingnya berpartisipasi secara kondusif dan damai dalam Pilkada.


Tiwi menambahkan bahwa strategi ini bukan hanya diterapkan di Kolaka Timur, tetapi juga di beberapa kabupaten lain di Sulawesi Tenggara dan luar daerah. Tujuannya adalah untuk menarik masyarakat datang ke tempat sosialisasi.


Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kolaka Timur, Yanthi Pratiwi Irianto, saat menyampaikan sambutan pada malam peluncuran tahapan Pilkada 2024.

Anggaran untuk kegiatan ini, menurut Tiwi, telah disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing KPU daerah. Oleh karena itu, artis yang diundang adalah yang biaya tampilnya dapat dijangkau.


“Kita cari artis ibu kota yang sesuai dengan anggaran kita,” katanya.


Penggunaan anggaran Pilkada Koltim sebagian besar dialokasikan untuk sosialisasi, dengan menghadirkan artis, partisipasi masyarakat dalam sosialisasi dapat meningkat signifikan.


“Tadi malam, acara ini dihadiri sekitar 10.000 orang, sekitar 12 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu. Jumlah yang sangat luar biasa,” tambah Tiwi.



Peluncuran tahapan Pilkada ini juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa pencoblosan akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Partisipasi masyarakat dalam memilih diharapkan meningkat melalui kegiatan sosialisasi yang dihibur oleh artis ibu kota.


Tiwi mengungkapkan, KPU Koltim selama ini telah menunjukkan profesionalisme dan integritasnya, dekat di hati masyarakat Koltim. Pengalaman pada Pilkada 2020, di mana partisipasi pemilih mencapai 80 persen, menjadi bukti efektivitas sosialisasi yang dilakukan KPU Koltim.


“Kami berharap, melalui peluncuran tahapan Pilkada yang dihibur oleh artis tadi malam, kami bisa mencapai atau bahkan melampaui kesuksesan sebelumnya,” harap Tiwi.


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update