Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pilkada Kolaka Timur Bertajuk Hore dan Rame, Ini Penjelasannya

Friday 21 June 2024 | June 21, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T13:23:03Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com
- Pada kegiatan peluncuran tahapan Pilkada Kolaka Timur tahun 2024 yang digelar tadi malam di lapangan kecamatan Loea, KPU Kolaka Timur memperkenalkan maskot terbaru bertajuk HORE (Harapan Demokrasi) dan RAME (Rakyat Memilih).


Hal ini dijelaskan, Yanthi Pratiwi Irianto, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber daya Manusia mengatakan bahwa HORE dan RAME adalah maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur Tahun 2024. 


"Maskot ini dibuat sebagai media sosialisasi,komunikasi, edukasi, dan publikasi serta simbol gebyar dan semarak penyelenggaraan Pilkada Kolaka Timur Tahun 2024," ujar Tiwi sapaan akrabnya kepada media ini di Kantor KPU Kolaka Timur, pada Jum'at 22 Juni 2024.


Lebih lanjut, Tiwi mengatakan bahwa, Maskot HORE dan RAME berbentuk sepasang Burung Rangkong Sulawesi yang oleh masyarakat lokal dikenal dengan nama Hoa. HORE memiliki bulu leher berwarna kuning keemasan, sementara RAME memiliki bulu berwarna hitam. 


"Sepasang maskot ini berpenampilan sporty dengan mengenakan jersey bertuliskan nama masing-masing serta logo KPU. Kedua maskot juga mengenakan sarung dengan motif kembang Sorume, yang memiliki makna pemersatu budaya di Kabupaten Kolaka Timur yang heterogen," jelasnya.


"Jersey dan ekor berwarna dominan putih pada maskot HORE dan RAME memiliki makna bahwa KPU menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dengan jujur dan adil," sambungnya. 


Selain itu, Tiwi bilang, HORE dan RAME juga mengenakan sepatu pelindung yang bermakna menjaga kebebasan demokrasi dan menjamin kerahasiaan dalam proses pemungutan suara.


"HORE dan RAME digambarkan sebagai maskot yang ramah, energik, ceria, dan senang berinteraksi. Mereka adalah simbol kesetiaan yang sejalan dengan semangat dan harapan akan hadirnya demokrasi berkualitas melalui pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah untuk terwujudnya kedaulatan rakyat," terangnya.


"HORE dan RAME digunakan sebagai identitas bagi penyelenggaraan Pilkada Kolaka Timur Tahun 2024 sekaligus memberikan seruan dan motivasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam menyalurkan hak suara," tambahnya 


Lebih jauh Tiwi mengatakan, dengan peluncuran maskot ini, KPU Kolaka Timur berharap dapat menarik perhatian masyarakat luas dan meningkatkan antusiasme serta partisipasi dalam Pilkada Kolaka Timur 2024. 


"Kami berharap masyarakat akan lebih bersemangat dalam menyambut dan mengikuti seluruh tahapan Pilkada ini. Maskot HORE dan RAME diharapkan dapat menjadi simbol semangat dan kegembiraan yang dirasakan oleh masyarakat dalam berpartisipasi aktif pada Pilkada," tutup Tiwi Irianto.


Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda, hingga para pelajar. Mereka terlihat antusias dan memberikan apresiasi positif terhadap maskot HORE dan RAME. Penampilan maskot ini juga menjadi sorotan utama dan menambah kemeriahan acara peluncuran tahapan Pilkada Kolaka Timur tahun 2024.


Diharapkan dengan adanya maskot HORE dan RAME, masyarakat Kolaka Timur akan lebih memahami pentingnya peran mereka dalam proses demokrasi dan semakin termotivasi untuk menggunakan hak pilih mereka secara bertanggung jawab dan bijaksana.


Laporan Redaksi

×
Berita Terbaru Update