Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Akun FB Mengatasnamakan Bupati Abdul Azis Minta Uang, Kadis Kominfo: Itu Palsu dan Hoax

Sunday 4 August 2024 | August 04, 2024 WIB Last Updated 2024-08-04T07:34:51Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Salah satu akun Facebook (FB) bernama Abdul Azis dengan foto profil yang menampilkan Bupati Kolaka Timur berpakaian putih berlatar Merah Putih, beberapa hari terakhir banyak dikeluhkan oleh warga Kolaka Timur. Akun ini diketahui telah meminta nomor Whatsapp (WA) pengguna FB lain dan mengirimkan nomor 082276046574. Setelah itu, akun tersebut meminta sejumlah uang kepada calon korbannya yang percaya bahwa itu adalah akun Bupati Kolaka Timur.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kolaka Timur, I Nyoman Abdi, memberikan klarifikasi terkait maraknya akun tersebut. 


"Kalau ada akun yang mengatasnamakan Bapak Bupati Kolaka Timur, ataupun menggunakan foto profil beliau atau bahkan mengatasnamakan beliau, itu adalah oknum yang ingin memanfaatkan keadaan, dan itu adalah hoax atau tidak benar dilakukan Bapak Bupati. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat, untuk tidak menggubris atau melayani jika akun-akun ini menghubungi apalagi meminta sejumlah uang. Karena Pak Bupati tidak pernah melakukan seperti itu, apalagi mau minta kiri-kanan," tegas I Nyoman Abdi pada Minggu (4/8/2024) siang.


Kadis Kominfo juga menekankan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menanggapi permintaan dari akun-akun yang mencurigakan dan selalu melakukan konfirmasi ke pihak berwenang jika ada hal-hal yang meragukan. 


"Kami minta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak mudah percaya dengan permintaan yang datang dari akun-akun tidak resmi. Pastikan untuk selalu mengonfirmasi kebenaran informasi melalui saluran resmi," tambahnya.


Sumber : Dinas Kominfo Koltim 

Editor : Redaksi 

×
Berita Terbaru Update