Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Koltim Abd Azis Dukung Penerapan Konsep Forest City Ramah Lingkungan di Kolaka Timur

Tuesday 13 August 2024 | August 13, 2024 WIB Last Updated 2024-08-14T01:38:14Z


NASIONAL - TRANSJURNAL.com -
Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH., MH, menyatakan kesiapan daerahnya dalam mendukung perencanaan kota yang berorientasi masa depan dengan konsep forest city yang ramah lingkungan. Pernyataan ini disampaikan Abd Azis saat menghadiri rapat koordinasi bersama seluruh Bupati/Walikota, Gubernur, dan Menteri se-Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 13 Agustus 2024.


"Sebagai Bupati Kolaka Timur, saya hadir mendengarkan arahan langsung dari Bapak Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara. Beliau menekankan pentingnya perencanaan kota yang berorientasi masa depan dengan konsep forest city yang ramah lingkungan. Kami di Kolaka Timur siap mendukung dan menerapkan konsep ini, demi pembangunan yang berkelanjutan dan lebih baik,” ujar Abd Azis.


Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya penerapan konsep transportasi berbasis energi hijau di IKN, salah satunya melalui penggunaan moda transportasi ART (autonomous rail transit). Presiden menaiki trem otonom tersebut yang merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk menerapkan transportasi berbasis energi hijau di IKN.


"Kita ingin transportasi massal di IKN itu berbasis energi hijau, dan tadi ART-nya itu listrik. Itu yang saya harapkan nanti bisa digunakan di IKN. Selain murah, itu energinya hijau," ungkap Presiden Jokowi.


Presiden juga menyoroti perlunya kota-kota lain di Indonesia, seperti Surabaya, Makassar, Medan, dan Bandung, untuk mempertimbangkan transportasi massal berbasis energi hijau. Namun, ia juga mencatat tantangan yang ada terkait infrastruktur jalan yang mungkin belum memadai.


"Problemnya sekarang ini hampir di semua kota jalannya kurang lebar, itu masalahnya, jadi tidak semua kota bisa memakai ART," jelas Presiden Jokowi.



Dalam uji coba trem otonom di IKN, teknologi baru ini diproyeksikan sebagai langkah nyata pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai kota yang ramah lingkungan dan berbasis teknologi canggih. Trem otonom ini menggabungkan sistem light rapid transit (LRT) dengan bus otonom, sehingga menjadi contoh bagi pengembangan kota-kota lain di Indonesia.


Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Biro Pers sekretariat Presiden)


Editor Redaksi 



×
Berita Terbaru Update