Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Distanak Kolaka Timur Lakukan Gerdal Hama Penggerek Batang Padi di Lalolae

Tuesday 13 August 2024 | August 13, 2024 WIB Last Updated 2024-08-14T01:18:18Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melaksanakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas) di Kecamatan Lalolae Desa Lalosingi. Selasa, 13/8/2024.


Gerakan ini dilakukan untuk mengatasi serangan hama penggerek batang padi yang telah menyerang lahan sawah seluas 40 hektar milik kelompok tani Sipatokkong di Desa Lalosingi.


Kepala Distanak Koltim, Rudwan, S. Pi., M. Si, menjelaskan bahwa hama penggerek batang padi (PBP) merupakan salah satu Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) utama pada tanaman padi. 


"Hama ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan petani karena mampu menyebabkan kerugian signifikan. PBP menyerang tanaman padi mulai dari fase persemaian, fase vegetatif, fase generatif, hingga menjelang panen, yang berpotensi mengurangi hasil produksi padi secara drastis," sebutnya.



Ia mengatakan, kegiatan Gerdal ini juga dihadiri oleh Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), penyuluh pertanian, dan Kepala Kecamatan Pertanian Kecamatan Lalolae. 


"Melalui upaya ini, diharapkan para petani di wilayah Lalolae dapat mengurangi risiko serangan hama penggerek batang padi dan memastikan kelangsungan produksi padi yang optimal secara terencana dan berkelanjutan. Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen Distanak Koltim untuk mendukung keberlanjutan pertanian di Kolaka Timur," pungkasnya. (Dsk)


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update