Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Kolaka Timur Siap Kawal Tahapan Pilkada 2024 dengan Pengamanan Maksimal

Saturday 10 August 2024 | August 10, 2024 WIB Last Updated 2024-08-11T05:59:41Z

(Foto Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Kapolres Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ, SIK., M.Si., menegaskan bahwa Polres Kolaka Timur akan terus mengawal seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, mulai dari proses yang sedang berlangsung saat ini hingga ke tahapan pencalonan dan tahapan-tahapan berikutnya. 


Hal ini disampaikan Kapolres Koltim usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara serta Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur tahun 2024, yang berlangsung di Aula Graha Sabha, Baros Farm House Desa Tawainalu Kecamatan Tirawuta pada Sabtu (10/8/2024) kemarin.


Dalam kesempatan itu, AKBP Yudhi Palmi DJ, menyatakan kesiapan Polres Kolaka Timur dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pilkada. 


"Kami dari Polres Kolaka Timur di bawah bimbingan serta arahan bapak Kapolda Sultra sudah siap untuk menjaga ketertiban dan keamanan pada Pilkada 2024," ucap Kapolres kepada sejumlah Wartawan.


Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan bahwa Polres Kolaka Timur telah melaksanakan berbagai persiapan, termasuk kegiatan manajemen taktis, gladi posko, dan latihan taktikal Forgin selama tiga hari terakhir. 


"Kami sudah menyiapkan rencana pengamanan dari setiap tahapan Pilkada ini. Jadi, kami telah melaksanakan taktikal Forgin, yang bertujuan untuk menguji rencana pengamanan yang sudah disusun oleh Polres Kolaka Timur," terangnya.


Implementasi dari latihan tersebut, kata AKBP Yudhi, akan digunakan saat pendaftaran calon, dengan pengamanan yang disusun berdasarkan hasil analisis intelijen. 


"Kita sudah latihkan taktikal Forgin, dan ini nanti akan digunakan untuk menguji rencana pengamanan yang sudah dibuat," katanya.


Kapolres juga menegaskan komitmen Polres Kolaka Timur dalam menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung. 


"Kami akan melaksanakan pengamanan dengan maksimal, dan yang paling penting, kami sebagai aparat keamanan tetap menjaga netralitas Polri dalam rangka Pilkada serentak di Kolaka Timur tahun 2024," jelasnya.


Menjelang tahapan pendaftaran calon, Polres Kolaka Timur juga telah melaksanakan kegiatan cipta kondisi untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. 


Selain itu, Polres Kolaka Timur turut berpartisipasi dalam kegiatan Calling Sistem yang diselenggarakan oleh Polda Sultra, dengan tujuan menyatukan visi dan misi dalam menjaga keamanan di Sulawesi Tenggara.


"Insya Allah, nanti kami juga akan melaksanakan kegiatan Calling Sistem yang dirangkaikan dengan deklarasi damai, dan kami berencana mengundang seluruh tokoh masyarakat, pemuda, dan paguyuban yang ada di sini," imbuhnya.


Sebagai penutup, Kapolres menghimbau seluruh masyarakat Kolaka Timur untuk menyalurkan hak pilihnya dengan tertib dan damai serta menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. 


"Silakan seluruh masyarakat Kolaka Timur untuk menyalurkan hak pilihnya demi menentukan pimpinan Kolaka Timur yang akan datang, serta tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan tidak terprovokasi oleh isu-isu SARA," pungkasnya.


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update