Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TMMD ke-121 Kodim 1412 Kolaka dan Dinas Kesehatan Gelar Penyuluhan Stunting di SMA Negeri 1 Ladongi

Saturday 3 August 2024 | August 03, 2024 WIB Last Updated 2024-08-03T12:42:48Z

Penyuluhan stunting program TMMD ke 121 di Kabupaten Kolaka Timur wilayah Kodim 1412 Kolaka tahun anggaran 2024. (Foto Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com
- Dalam upaya menurunkan prevalensi stunting, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1412/Kolaka bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Ladongi melaksanakan penyuluhan stunting bagi siswa SMA Negeri 1 Ladongi, Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, pada Sabtu (03/08/24).


Penyuluhan ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencegah kasus stunting, khususnya di Kabupaten Kolaka Timur. 


Bati Bakti Teritorial sekaligus Bati Satgas TMMD ke-121, Peltu Sain, mengungkapkan bahwa kegiatan TMMD ke-121 ini tidak hanya mencakup pembangunan fisik seperti pelebaran jalan, pembangunan jembatan semi permanen, pembangunan pagar pura, dan pembangunan gorong-gorong, tetapi juga mencakup kegiatan non-fisik, salah satunya penyuluhan tentang stunting.


“Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi yang kami lakukan mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah, guru, dan seluruh siswa SMA Negeri 1 Ladongi. Antusiasme siswa sangat tinggi dalam mengikuti sosialisasi ini,” ujar Peltu Sain.



Ditempat yang sama, Made Putra Yasa, SKM, yang bertindak sebagai pemateri dalam penyuluhan tersebut, menekankan pentingnya pemahaman siswa mengenai stunting serta sarana air bersih yang diberikan oleh Dinas Kesehatan. 


“Saya berharap siswa mengerti apa itu stunting dan pentingnya sarana air bersih,” ujar Made Putra Yasa.


Ia juga mengimbau masyarakat Atula untuk mencegah stunting melalui tiga cara utama, yakni pola makan yang baik, pola asuh yang tepat, dan menjaga lingkungan dengan menyediakan sumber air bersih.


Selain itu, dalam penyuluhan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur juga memberikan edukasi tentang kesehatan lingkungan, termasuk penggunaan jamban yang bersih dan pentingnya akses air bersih.



Kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya para siswa, mengenai pentingnya pencegahan stunting dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan lingkungan dan pola hidup sehat. 


Dengan kerjasama antara berbagai pihak, prevalensi stunting di Kabupaten Kolaka Timur dapat terus menurun, sehingga generasi muda di daerah ini dapat tumbuh sehat dan cerdas.


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update